Monday, February 25, 2013

Marmer Cake Jadul

Demam marmer cake jadul di milis NCC membuat saya akhirnya tertarik untuk membuat lagi cake ini. Lagi? Iya, karena cake inilah yang pertama kali mengenalkan saya pada dunia baking.

Dulu semasa SMA mama saya selalu membuat marmer cake sebagai kue hidangan jika ada acara arisan di rumah atau sebagai kue hantaran jika berkunjung ke rumah saudara. Nah, kala itu saya paling bete jika disuruh memegangi mikser (hand mikser merk Phillips yang masih awet sampai sekarang, subhanallahu apiknya mamaku merawatnya), selain bikin pegel juga membuat saya kehilangan moment menonton acara televisi kesukaan saya.

Alhamdulillah seiring dengan berjalannya waktu justru saya semakin mencintai dunia baking, dan bersyukur sekali dulu dikenalkan mama dunia perbakingan *kecup-kecup sayang mama^_^*

Resep yang saya gunakan adalah resep mama saya, pas saya tanya komposisinya beliau hapal sekali karena saking seringnya membuat marmer cake.


Marmer Cake
Resep by Mama

Bahan:
250 gr margarin blueband
200 gr gula castor
175 gr tepung terigu protein sedang
8 butir kuning telur
5 butir putih telur
1 sdm coklat bubuk

Cara Membuat:
  1. Panaskan oven, kemudian siapkan loyang tulban atau 2 buah loyang kotak ukuran 20x10x7 cm, olesi dengan margarin dan taburi tepung terigu, sisihkan.
  2. Dalam sebuah wadah kocok margarin dan gula castor menggunakan mikser kecepatan tinggi, sampai margarin lembut dan gula hancur.
  3. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok lagi sampai rata.
  4. Masukkan tepung terigu sambil diayak atau gunakan mikser kecepatan rendah.
  5. Di wadah terpisah, kocok putih telur sampai soft peak, masukkan kocokan putih telur kedalam adonan pertama, aduk rata menggunakan spatula.
  6. Ambil 3 sendok sayur adonan, beri coklat bubuk, aduk sampai coklat bubuk merata dengan adonan.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang, tambahkan adonan coklat, kemudian dengan menggunakan garpu putar-putar adonan coklat sampai membentuk motif marmer. Oven selama kurang lebih 30 menit (lakukan tes tusuk untuk mengetahui tingkat kematangan cake).


4 comments:

  1. sedap2 pingin coba, maksih ya resepnya

    ReplyDelete
  2. monggo mbak, semoga cocok dengan resep mama saya ya ^_^

    ReplyDelete
  3. lapeeeeeeeeer...
    ntar weekend bikin ah...
    bookmark dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi..hi..hi..silahkan dicoba mbak Riesta. Ini tahan disuhu ruang sampai 3 hari lho, masih lembut dan moist.

      Delete