Tuesday, April 21, 2015

Tahu Fantasi

Dulu pernah dapat resep ini dari salah satu teman HHBF Surabaya, mbak Neva Faradina...eh belum sempat eksekusi HP-nya keburu rusak dan ilang semua riwayat chat WA. Dan tiba-tiba pagi ini dapat ilham untuk bikin tahu fantasi, ga sempet colek-colek lagi mbak Neva akhirnya googling resepnya nemu di dapur masak.

Pas bikin ternyata gampang banget, ga pakai lama dan hasilnya alhamdulillah memuaskan. Beberapa bahan saya substitusi dan dihilangkan, misalnya kornet daging saya ganti dengan fillet dada ayam yang dicincang halus, penyedap masakan instan saya skip.



Tahu Fantasi

Bahan:
1 buah tahu berukuran kurang lebih 10x10 cm, haluskan
200 gr fillet dada ayam, cincang halus
1 bungkus bihun jagung bungkus kecil, rendam didalam air panas sampai lunak
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica
1/4 sdt gula pasir
1 buah wortel berukuran kecil, cincang kotak-kotak kecil
2 kuning telur
Daun seledri, secukupnya
2 putih telur
Minyak goreng secukupnya
Cabe rawit secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, garam, merica dan gula pasir.
  2. Siapkan baskom, masukkan tahu yang sudah dihaluskan, dada ayam cincang, bihun, bumbu halus dan wortel, aduk rata. Masukkan kuning telur dan daun seledri yang sudah diiris halus, aduk rata.
  3. Siapkan dandang/kukusan, alasi tutupnya dengan serbet agar air tidak menetes ke adonan, panaskan sampai keluar uap air cukup banyak. 
  4. Masukkan adonan tahu kedalam cetakan muffin satuan atau bisa juga menggunakan loyang loaf yang sudah diolesi dengan margarin sampai rata (jangan ada yang tidak terolesi, karena bisa menyebabkan adonan tahu lengket dan tidak bisa dilepas ketika sudah matang). Kukus selama kurang lebih 15 menit, angkat dari kukusan, lepaskan dari cetakan.
  5. Panaskan minyak goreng, celupkan tahu fantasi kukus kedalam putih telur, goreng dengan minyak panas sampai warnanya kecoklatan. Angkat dan segera sajikan dengan cabe rawit.



Tahu fantasi ini enaknya buat cemilan, tapi berhubung bikinnya pagi akhirnya malah jadi lauk, huehehe...dasar ya orang Indonesia :-p

No comments:

Post a Comment