Tuesday, May 26, 2015

Steak Ikan Dori Saus Jamur Lada Hitam dengan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan

Suami saya sangat suka steak, steak apapun baik steak daging maupun steak ikan. Dan ketika anak-anak dikenalkan dengan makanan dari negara nun jauh di sono ini ternyata mereka doyan banget. Berhubung kalau beli di restoran yang rasa steaknya enak harga satu porsinya bisa lebih dari Rp. 100.000,00 jadi ga mungkin lah kita sering-sering jajan steak. Untuk menyiasati keinginan kami vs pengiritan *biasa ya emak-emak* akhirnya mau ga mau harus membuat sendiri steak ala rumahan.

Steak ikan lebih sering menjadi pilihan bagi keluarga kami, karena saya dan suami sama-sama memiliki kadar kolesterol yang tinggi, jadi harus membatasi konsumsi daging merah *padahal enak banget, huhuhu*. Ikan yang enak dimasak dalam bentuk steak adalah ikan salmon, ikan dori atau ikan kakap karena tekstur daging ikannya lembut dan tidak banyak durinya.

Memasak steak ala rumahan saya biasanya tidak menggunakan hot plate tapi wajan teflon biasa, dengan menggunakan sedikit sekali minyak zaitun untuk membakar daging atau ikan. Kali ini masih dalam rangka kompetisi "Mrs. Chef" yang diadakan atas kerjasama Lock & Lock Indonesia dengan grup HHBF (Homemade Healthy Baby Food), saya akan membuat Steak ikan dori menggunakan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan, fry pan baru saya yang sudah terbukti memuaskan ketika digunakan untuk memasak.




Steak Ikan Dori Saus Jamur Lada Hitam

Bahan Steak Ikan Dori:
500 gr fillet ikan dori, potong menjadi 4 bagian
1/2 buah jeruk lemon, ambil airnya
1/2 sdt daun rosemary kering
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada hitam
2 sdm minyak zaitun

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ikan dori, bumbui ikan dori dengan air jeruk lemon, rosemary, garam dan lada hitam. Diamkan selama 15 menit, sisihkan
  2. Panaskan minyak zaitun diatas Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan, goreng ikan dori sampai warna permukaannya sedikit kecoklatan. Hati-hati ketika membalik ikan, agar ikannya tidak hancur.


Bahan Saus Jamur Lada Hitam
(Resep asli: Nina Agustina):
200 gr jamur kancing, iris tipis-tipis
1/2 butir bawang bombay, iris halus
4 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tomat
2 sdm saus tiram
1 sdt kecap inggris
300 ml air putih
1 sdm tepung maizena --> larutkan dalam 2 sdm air putih
1 sdt garam
1/2 sdt lada hitam
1/2 sdt gula pasir
2 sdm butter untuk menumis

Cara membuat:
  1. Panaskan butter diatas Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan jamur kancing, aduk rata.
  2. Tambahkan air putih, tunggu sampai air mendidih, masukkan kecap manis, saus tomat, saus tiram, dan kecap inggris. Tambahkan garam, lada hitam dan gula pasir, aduk rata.
  3. Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dalam air, sambil saus jamur diaduk-aduk. Tunggu sampai saus mengental dan keluar letupan-letupan kecil. Matikan api.



Bahan pelengkap:
  • 4 buah kentang berukuran sedang dicuci bersih, belah memanjang menjadi 16-18 bagian, tidak perlu dikupas kulitnya. Rebus didalam air yang diberi sejimpit garam sampai layu saja (jangan terlalu lama merebus), tiriskan. Siram dengan air dingin. Goreng dengan sedikit butter sampai warna kentang kecoklatan, tiriskan minyaknya menggunakan tissue.
  • Mix vegetable (atau bisa menggunakan wortel dan buncis yang diiris memanjang) kukus sebentar sampai agak layu.


Sajikan Steak dengan saus jamur lada hitam dan bahan pelengkap selagi hangat. Dan tadaa...steak abal-abal ini sukses dihabiskan oleh krucils Afa dan Thia dan tentunya pak Suami, hehehe.




Oiya, dari satu proses ke proses yang lain dalam pembuatan steak ini tidak perlu mencuci Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan, cukup dikucuri dengan air mengalir kemudian dilap dengan tissue kering tidak akan meninggalkan aroma dari masakan sebelumnya.



Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan dilengkapi dengan  lapisan anti lengket yang memudahkan pembuatan steak ikan dori ini, karena ikan dori adalah ikan yang sangat lembut, dimasak dalam waktu yang sebentar saja bisa membuat ikan hancur apabila ikannya lengket di pan.




Selain itu, Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan diproduksi dengan menggunakan teknologi Hard-Anodized, yaitu lapisan pada bagian alumunium dari pan, yang merupakan bagian utama dari pan, yang berfungsi untuk menjadikan coating lebih tahan goresan dalam waktu yang lama. Jadi jika terjadi goresan/scratch pada coatingnya, pan masih aman digunakan untuk memasak karena makanan tidak bersentuhan secara langsung dengan bahan alumunium. Akumulasi alumunium yang terlalu banyak dalam tubuh kita bisa menyebabkan gangguan bagi kesehatan kita, yang terburuknya bisa menjadi salah satu pemicu kanker *CMIIW*



Secara keseluruhan keunggulan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan adalah sebagai berikut:

Memiliki lapisan anti lengket
Lapisan ini selain memudahkan kita untuk memasak tanpa merusak bahan dasar masakan kita, karena tidak ada yang lengket sama sekali ke pan. Dan sangat irit penggunaan minyak goreng, sehingga akan mengurangi konsumsi minyak goreng sehari-hari.


Memiliki ketahanan terhadap panas

Terdapat lapisan tahan panas yang mencegah masakan cepat hangus, tetapi bisa menyebarkan panas dengan cepat, sehingga masakan akan cepat matang.


Mudah dibersihkan

Keunggulan yang satu ini tentunya sangat disukai ibu-ibu, karena saya sendiri terus terang paling males nyuci-nyuci peralatan masak kalau udah selesai masak, hehehe. Kalau masih akan digunakan lagi cukup dilap menggunakan tissue. Jika tidak akan dipakai lagi, cukup dicuci dengan menggunakan spons yang lembut tidak akan meninggalkan jejak bau masakan.


Nyaman ketika digunakan

Baru kali ini saya memiliki fry pan berukuran diameter 26 cm, sebelumnya yang paling besar yang saya miliki berukuran diameter 24 cm. Meski ukurannya besar tetapi tidak berat, dan pegangannya terbuat dari silikon yang tidak licin ketika dipegang, sehingga nyaman dipakai.


Memiliki warna beragam

Dilengkapi dengan warna kuning, hijau dan merah menjadikan memasak lebih menyenangkan. 





No comments:

Post a Comment